June 7, 2018

Tentang Memulai Kembali

"Aku mencari. Aku berjalan. Aku menunggu. Aku melangkah pergi."
 
Begitu kata Mbak Monita, dan tulisan ini dibuat beriringan dengan suara lembutnya. Judul tulisan ini pun sesuai dengan judul lagunya, "Memulai Kembali". Barangkali karena keduanya memang bersesuaian. Ketika awal-awal mendengarkan, lagu Mbak Monita yang satu itu tidak terlalu mengena untuk saya. Hanya lewat di telinga saja, tidak sampai ke hati. Namun, tampaknya suatu lagu akan jadi mudah dihayati ketika bersesuaian dengan pengalaman yang mendengarkan. Seperti sekarang.

Saya memutuskan untuk menulis kembali di blog ini, tetapi terlebih dahulu menutup tulisan-tulisan sebelumnya dan mengganti beberapa hal. Bukan dalam rangka melupakan yang lalu-lalu, toh tulisan lama masih saya simpan buat kenang-kenangan. Hahaha. Saya hanya ingin memulai kembali dengan lembaran baru. Konten dan konsep diperbaiki supaya ke depannya lebih baik dan berfaedah. Belajar dari yang lalu-lalu, untuk karya dengan kualitas yang meningkat di masa mendatang.

Hidup juga demikian. Ada kala dimana kita harus membuka lembaran baru. Alasannya tidak selalu untuk menyudahi apa yang ada di lembaran sebelumnya. Ketika lembaran yang ada sudah penuh terisi, kita pun harus membuka yang baru untuk melanjutkan yang sebelumnya. Memaksa terus mengisi lembaran yang sama hanya akan menjadikan lembaran tersebut semakin penuh dan lama-lama malah bisa ruwet. We need to take a break or pause, look back and gather lessons, then open new page and fill it again.
 
Jadi, saya memulai kembali.

No comments:

Post a Comment